Jumat, 29 Juni 2012

SMA Negeri 4 Palembang

Profil SMA Negeri 4 Palembang 



            SMA Negeri 4 Palembang adalah sekolah yang terakreditasi A (Amat Baik), sekolah ini beralamat dijalan Ki. Anwar Mangku Plaju Palembang, Telp./Fax.0711-541957, Kepala SMA Negeri 4 Palembang adalah Dra. Nursiawati Anggriani.

Sejarah SMA Negeri 4 Palembang

          SMA Negeri (SMAN) 4 Palembang, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 4 Palembang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK

Pengembangan Sekolah


Pengembangan sekolah adalah salah satu aspek yang dipelajari dalam bidang Manajemen Pendidikan atau pemajuan kondisi sekolah secara fisik dan nonfisik agar sekolah tersebut memiliki kualitas yang lebih baik. Perubahan dapat diberikan pada sisi kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan sekolah pada segi kuantitatif misalnya, dapat dilihat dengan pertambahan luas, kapasitas/daya tampung, jumlah siswa dan guru, fasilitas sekolah, dll. Sementara pengembangan pada segi kualitatif dapat diarahkan pada semakin kokohnya karakter siswa, siswa semakin termotivasi untuk belajar yang dapat dilihat dengan meningkatnya prestasi akademik dan non akademik siswa, semakin besar rasa ingin tahu siswa yang dibuktikan dengan luasnya wawasan siswa dalam menyampaikan pendapatnya, semakin bertambahnya semangat, etos kerja dan komitmen guru, semakin besarnya rasa memiliki sekolah, di kalangan siswa dan guru, dll.
Pengembangan sekolah tersebut juga meliputi ada tidaknya sarana dan prasarana, suatu sekolah dikatakan berkembang maju juga harus telah memiliki sarana yang cukup untuk kepentingan sekolah tersebut, begitu pula dengan prasarana.
Tapi pengembangan sekolah harus diiringi oleh sikap kekompakkan atau solidaritas antara guru dengan siswa agar pengembangan tersebut tercipta, apabila hanya guru saja yang memiliki keinginan untuk berkembang sedangkan siswanya tidak, maka pengembangan sekolah tidak akan pernah terjadi, begitu pula dengan sebaliknya. Oleh karenanya pengembangan akan lebih baik apabila lahir dari sebuah kesadaran masing-masing. Yang perlu dilakukan untuk pengembangan sekolah adalah perencanaa, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan.



Setiap kegiatan pendidikan di sekolah harus memiliki perencanaan yang jelas dan realisitis, pengorganisasian yang efektif dan efisien, arahan dan motivasi seluruh warga sekolah untuk selalu dapat meningkatkan kualitas kinerjanya, dan pengawasan secara berkelanjutan.

Contoh Pengembangan Sekolah 

Upacara Bendera 


1 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh ngak minta dat jumlh siswa kelas XI, dan jumla siswa tiap kelasnya, butuh banget buat skripsi mksih :)

Posting Komentar